November 2017
M T W T F S S
« Aug    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Arsip Artikel

Formulir

Berisi format-format yang dapat langsung digunakan baik untuk guru, siswa maupun para pembaca yang berminat akan format tersebut

Adanya kebijakan baru dari pemerintah berkaitan dengan penilaian K13, berimbas juga kepada bentuk rapor yang akan diberikan kepada peserta didik, sehingga buat rekan-rekan yang sudah menggunakan aplikasi penilaian K13 versi 2013-006, maka aplikasi rapor ini merupakan pasangannya dari aplikasi penilaian tersebut. Adapun tampilannya sebagai berikut :

RAPOR_versi 2013-006

Adapun langkah-langkah penggunaannya secara garis besar sebagai berikut :

  • Untuk meng-Link kan daftar nilai, masih seperti biasa yang kita gunakan
  • Untuk Sikap spiritual, silahkan wali kelas memilih aspek yang dinilai dan lihat langsung hasilnya
  • Untuk Sikap Sosial, silahkan pengisiannya apa yang otomatis terisi (khusus yang tidak ada sikap ekstrim dari guru mapel) apa masih perlu diedit. Untuk siswa yang memiliki sikap ekstrim, silahkan diedit atau apa adanya
  • Untuk Catatan wali kelas, silahkan di isi dengan melihat contoh yang kami berikan
  • Untuk prestasi, silahkan di isi dengan jenis prestasi (Akademik / non akademik), kemudian isikan keterangannya beserta kapan siswa ikut lomba
  • Untuk Biodata pada sampul rapor (khusus kelas 10), silahkan diedit biodatanya jika ada yang belum pas
  • Dalam aplikasi rapor ini, sudah mengakomodir, jika kelas 11 ternyata dalam satu kelas pemilihan mapel lintas minatnya saling berbeda.

UNTUK APLIKASI RAPORNYA SILAHKAN DI DOWNLOAD :1516-01-RAPOR-11-MIPA.2

Penilaian didalam kurikulum 2013 dari waktu ke waktu mengalami perubahan, salah satunya adalah adanya kebijakan terbaru yang menyebabkan perubahan penilaian hasil belajar, yaitu :

  1. Nilai pengetahuan dan keterampilan menggunakan angka 0 – 100
  2. Perubahan dalam penilaian Sikap
  3. Perubahan dalam Ketuntasan Belajar
  4. Mekanisme dan prosedur penilaian
  5. Perubahan mekanisme pengolahan nilai
  6. Perubahan bentuk laporan hasil belajar

Karena SMA Muhammadiyah Wonosobo,, merupakan salah satu sekolah Induk Kluster dalam penerapan Kurikulum 2013, maka mau tidak mau sekolah harus mengikuti kebijakan terbaru dari pemerintah, meskipun payung hukum untuk penggunaan aturan baru tersebut belum diterbitkan.

Sambil menunggu terbitnya aturan tersebut, alangkah baiknya rekan-rekan guru mencoba menerapkan aturan tersebut dalam menilai peserta didik untuk semester satu tahun pelajara 2015/2016. Tampilan aplikasi sebagai berikut :

APLIKASI NILAI VERSI-2013-006Silahkan rekan-rekan guru untuk mendownloadnya DISINI : 1516-ProgramNilai-K13_Versi-2013-06

Untuk mempermudah kurikulum dalam mengedit dan mengatur tata letak (Layout) soal, silahkan rekan-rekan guru untuk memanfaatkan Format pengetikan soal Pilihan Ganda dan Esay yang dibuat oleh kurikulum. Disini disediakan 2 (dua) model, yaitu :

menurun

menyamping

Untuk Rekan-rekan guru SMA Muhammadiyah Wonosobo silahkan di download aplikasi untuk memasukan nilai UTS Semester Satu. Kemudian serahkan nilainya ke kurikulum yang selanjutnya akan dicetak untuk di laporkan kepada Orang Tua Siswa. Insya Allah dalam minggu ke-4 bulan Oktober 2015 akan dicetak dan sudah terbagikan ke orang tua siswa.

Aplikasi UTS

DOWNLOAD FILE

1516-01_Nilai UTS_rename dulu

SMA Muhammadiyah Wonosobo merupakan salah satu sekolah yang tetap diijinkan untuk menggunakan Kurikulum 2013 di semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015.  Oleh karena itu, silahkan bapak/ibu guru manfaatkan waktu-waktu  menjelang UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) seperti sekarang ini untuk mengisikan nilai yang nantinya akan dibuat rapor di semester 2.

Untuk mempermudah rekan-rekan guru dalam pengolahannya. silahkan manfaatkan aplikasi ini yang kali ini pihak sekolah meluncurkan versi 2013-005 dengan tampilan sebagai berikut :

Tampilan Prognil-2013-005

Apa yang baru dari versi 2013-005 dibandingkan dengan versi sebelumnya :

  • pertama, file yang disediakan oleh sekolah hanya satu, tidak seperti sebelumnya jumlah file sebanyak rombel yang ada. Disini rekan-rekan guru tinggal copy paste atau Save As satu file menjadi sejumlah file sesuai jumlah rombel yang diajarnya.
  • kedua, menyembunyikan kolom-kolom yang tidak diperlukan secara otomatis kalau bapak/ibu guru menekan tombol yang sesuai.
  • ketiga, menampilkan nilai rapor semester 1-2-3 beserta nilai UTS (ulangan tengah semester) masing-masing siswa Kelas 11 dan Rapor Semester 1 bagi siswa kelas 10 untuk dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam membuat nilai akhir yang akan diberikan
  • keempat, mengubah kode mata pelajaran menjadi kode huruf yang memudahkan rekan-rekan guru dalam menghapalnya
  • Memperbaiki penilaian sikap (KI.2) yang lebih di permudah. Misalnya aspek penilaian sikap semuanya ada 26 item. Sehingga bp/ibu guru bisa memilih aspek-aspek apa saja yang akan dinilai dan dimunculkan di rapor dengan cara memberikan tanda centang (√) terlebih dahulu.
  • Mengosongkan data terlebih dahulu apabila bp/ibu guru menekan tombol tampilkan nama siswa. Hal ini dimaksudkan agar nilai satu kelas dengan kelas yang lainnya tidak sama persis. Karena berdasarkan pengalaman, masih ada nilai kelas tertentu yang ternyata dipakai juga nilai tersebut di kelas lainnya.
  • Mewajibkan semua data (Kognitif – Keterampilan – Sikap) harus terisi lebih dahulu agar sheet yang untuk link rapor bisa tampil tidak berwarna hitam.

download

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK MENDOWNLOADNYA

Di SMA Muhammadiyah Wonosobo penilaian yang menggunakan kurikulum KTSP 2006 tinggal kelas 12, khususnya siswa-siswi Tahun Pelajaran 2014/2015. Oleh karena itu, silahkan bapak/ibu guru manfaatkan waktu-waktu  menjelang ujian nasional seperti sekarang ini untuk mengisikan nilai yang nantinya akan dibuat rapor di semester 2.

Untuk mempermudah rekan-rekan guru dalam pengolahannya. silahkan manfaatkan aplikasi ini yang kali ini pihak sekolah meluncurkan versi 2005-018 dengan tampilan sebagai berikut :

Tampilan2005-018

Apa yang baru dari versi 2005-018 dibandingkan dengan versi sebelumnya :

  • pertama, file yang disediakan oleh sekolah hanya satu, tidak seperti sebelumnya jumlah file sebanyak rombel yang ada. Disini rekan-rekan guru tinggal copy paste atau Save As satu file menjadi sejumlah file sesuai jumlah rombel yang diajarnya.
  • kedua, menyembunyikan kolom-kolom yang tidak diperlukan secara otomatis kalau bapak/ibu guru menekan tombol yang sesuai.
  • ketiga, menampilkan nilai rapor semester 3-4-5 beserta nilai tryout masing-masing siswa sebagai bahan pertimbangan dalam membuat nilai akhir yang akan diberikan
  • keempat, mengubah kode mata pelajaran menjadi kode huruf yang memudahkan rekan-rekan guru dalam menghapalnya

download

UNTUK DOWNLOAD KLIK GAMBARNYA

Butir soal merupakan perangkat utama dalam sistem penilaian terhadap siswa di sekolah. Untuk itu sangat penting menentukan mana soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi penggunaannya. Pendidik perlu meningkatkan kualitas butir soal melalui analisis terhadap tiga komponen utama yang meliputi (1) tingkat kesukaran, (2) daya pembeda, dan (3) pengecoh soal.

Kegiatan menganalisis butir soal merupakan proses pengumpulan, peringkasan dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian (Nitko, 1996).

Tujuan analisis butir soal :

  • mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu sebelum digunakan.
  • membantu meningkatkan kualitas tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif
  • mengetahui informasi diagnostik pada siswa, sudahkan mereka memahami materi yang telah diajarkan

Manfaat analisis butir soal :

  • membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan
  • sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal (seperti tes yang disiapkan guru di kelas)
  • mendukung penulisan butir soal yang efektif
  • secara materi dapat memperbaiki tes di kelas
  • meningkatkan validitas dan reliabilitas soal
  • menentukan apakah suatu fungsi butir soal sesuai dengan yang diharapkan
  • memberi masukan kepada siswa tentang kemampuan dan sebagian dasar untuk bahan diskusi di kelas
  • memberi masukan kepada guru tentang kesulitan siswa
  • memberi masukan pada aspek tertentu untuk pengembangan kurikulum
  • merevisi materi yang dinilai atau diukur
  • meningkatkan keterampilan penulisan soal

Tampilan Aplikasi Analisis Soal

download

Ada dua jenis analisis butir soal yang dapat pendidik laksanakan, yaitu :

  1. Analisis secara kualitatif, prosedur peningkatan secara judgement, terkait dengan isi dan bentuk soal
  2. Analisis secara kuantitatif, prosedur peningkatan secara empirik, terkait dengan ciri-ciri statistikny

Analisis Secara Kualitatif

Pengertian

  • Penelaahan ini biasanya dilakukan sebelum soal digunakan/diujikan (tes tertulis, perbuatan, dan sikap)
  • Aspek yang ditelaah : segi materi, konstruksi, bahasa/budaya, dan kunci jawaban/pedoman penskorannya
  • Bahan penunjang : bahan-bahan penunjang seperti: (1) kisi-kisi tes, (2) kurikulum yang digunakan, (3) buku sumber, dan (4) kamus bahasa Indonesia.

Teknik analisis

1. Teknik moderator merupakan teknik berdiskusi yang di dalamnya terdapat satu orang sebagai penengah. Berdasarkan teknik ini, setiap butir soal didiskusikan secara bersama-sama dengan beberapa ahli dan dimoderatori oleh satu orang.

Kelebihan : Setiap butir soal dapat dituntaskan secara bersama-sama, perbaikannya seperti apa

Kelemahan : Teknik ini adalah memerlukan waktu lama untuk rnendiskusikan setiap satu butir soal.

2. Teknik panel merupakan suatu teknik menelaah butir soal yang setiap butir soalnya ditelaah berdasarkan kaidah penulisan butir soal. Para penelaah dipersilakan memperbaiki langsung pada teks soal dan memberikan komentarnya serta memberikan nilai pada setiap butir soalnya yang kriterianya adalah: baik, diperbaiki, atau diganti.

Prosedur analisis

Untuk mempermudah prosedur pelaksanaan dapat menggunakan format penelahaan soal yang digunakan sebagai dasar untuk menganalisis setiap butir soal

Analisis Secara Kuantitatif

Pengertian

Penelaahan butir soal didasarkan pada data empirik dari butir soal terkait yang telah diujikan.

Pendekatan analisis

Klasik

Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta didik guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik.

Kelebihan : mudah , murah, sederhana, familier digunakan guru-guru,dapat menggunakan data sampel kecil.

Kelemahan :

(1) Tingkat kemampuan dalam teori klasik adalah “true score”. Jika tes sulit artinya tingkat kemampuan peserta didik mudah. Jika tes mudah artinya tingkat kemampuan peserta didik tinggi.

(2) Tingkat kesukaran soal didefinisikan sebagai proporsi peserta didik dalam grup yang menjawab benar soal. Mudah/sulitnya butir soal tergantung pada kemampuan peserta didik yang dites dan kemampuan tes yang diberikan.

(3) Daya pembeda, reliabilitas, dan validitas soal/tes didefinisikan berdasarkan grup peserta didik.

Modern

Penelaahan butir soal dengan menggunakan Item Response Theory (IRT) atau teori jawaban butir soal. Teori ini merupakan suatu teori yang menggunakan fungsi matematika untuk menghubungkan antara peluang menjawab benar suatu soal dengan kemampuan siswa.

IRT merupakan hubungan antara probabilitas jawaban suatu butir soal yang benar dan kemampuan siswa atau tingkatan/level prestasi siswa.

Kelebihan :

(1) asumsi banyak soal yang diukur pada trait yang sama, perkiraan tingkat kemampuan peserta didik adalah independen;

(2) asumsi pada populasi tingkat kesukaran, daya pembeda merupakan independen sampel yang menggambarkan untuk tujuan kalibrasi soal;

(3) statistik yang digunakan untuk menghitung tingkat kemampuan siswa diperkirakan dapat terlaksana

Kelemahan : prosesnya cukup rumit dan sulit

Penghitungan dalam penelaahan butir soal secara kuantitatif dapat menggunakan bantuan kalkulato scientific atau program komputer.

Program yang sudah dikenal secara umum adalah EXCEL, SPSS (Statitistical Program for Social Science), atau program khusus seperti ITEMAN (analisis secara kiasik), RASCAL, ASCAL, BILOG (analisis secara item respon teori atau IRT), FACETS (analisis model Rasch untuk data kualitatif)

Sumber Tulisan :

http://gurupembaharu.com/home/panduan-analisis-butir-soal/