December 2017
M T W T F S S
« Aug    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Arsip Artikel

DIKPORA-DIY Selain menggadakan Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMP, Fakultas Geografi UGM kembali menggelar Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA 2015. Olimpiade Geografi tahun ini terdiri dari 76 tim yang berpartisipasi dalam acara ini berasal dari berbagai SMA seluruh Indonesia. Berlangsung selama 3 hari setelah selesainya Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMP.

Acara kegiatan pada hari Rabu (28/1) sampai Kamis (29/1) OLGENAS 2015 yang diselenggarakan pada merupakan pembuka bagi berlangsungnya olimpiade geografi nasional tingkat SMA. Digelar Seminar Nasional digelar mengusung tema “Potensi Energi Terbarukan Indonesia dalam Agenda Sustainable Development Goals” dengan menghadirkan empat orang pembicara yaitu Harry Seldadyo, Ph.D. dari UNDP, Verina Wargadalam mewakili Ir. F. X. Sutijastoto, MA. selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumberdaya Mineral Kementrian ESDM Indonesia. Serta berlangsungnya penyelenggaraan Ujian Tulis dan Ujian Multimedia. Serta digelar dua acara utama yaitu Outdoor Learning sebagai tahap perlombaan kedua berorientasi pada pengenalan bentang lahan di wilayah Yogyakarta dan Workshop Guru Pendamping SMA.

Pada hari terakhir Jum’at (30/2) merupakan penutup seluruh rangkaian Olimpiade Geografi Nasional tahun 2015. Rangkaian acara di hari terakhir ini meliputi Materi Pembekalan Geografi yang disampaikan oleh Dr. Sukamdi, M. Sc., Dosen Fakultas Geografi UGM dan Diskusi MGMP dengan dua pembicara yakni Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS selaku ketua Umum Ikatan Geografi Indonesia dan perwakilan DISPORA DIY. Kedua acara tersebut digelar dalam waktu bersamaan dengan audience yang berbeda, Materi Pembekalam Geografi yang diadakan di Auditorium Merapi Fakultas Geografi UGM dikhususkan bagi peserta Olgenas 2015.

Rangkaian Olgenas 2015 dilanjutkan dengan pembacaan 10 besar kemudian babak final yang mencakup presentasi essay, dan memberikan argument terkait studi kasus serta video. Kesepuluh tim yang masuk dalam 10 besar diantaranya adalah MAN Insan Cendekia Gorontalo, SMA 1 Pacitan, SMA 1 Kebumen, SMA 1 Wonosobo, SMA 1 Bojonegoro, SMA 3 Semarang, SMA Muhammadiyah Wonosobo, SMA 8 Malang, MAN Paron, MA Husnul Khothimah. Masing-masing tim tersebut menjalani babak final secara acak. Juri yang menilai, memberikan tanggapan dan pertanyaan adalah Dosen-Dosen Fakultas Geografi UGM yakni Bapak Djoko Christanto, Bapak Djaka Marwasta, dan Bapak Lutfi Muta’ali.

Usai babak final, tibalah saatnya pembacaan Juara dengan beberapa Kategori serta Pemenang Olgenas Juara 1, 2 dan 3. Kategori the best poster diraih oleh SMA 1 Bojonegoro, the best essay oleh SMA Muhammadiyah Wonosobo, the best foto yakni MAN 3 Batam, the best studi kasus oleh SMA IT Raudhatul Jannah, the best theory oleh SMA 3 Semarang, the best multimedia oleh SMA 1 Kebumen, the best outdoor learning yaitu SMA 1 Surakarta, the best jawa yaitu SMA 3 Semarang, best region sumatera yaitu SMA Unggul Del, the best Bali yaitu SMA 3 Denpasar, the best Kalimantan oleh SMA 10 Samarinda, dan kategori terakhir the best Sulawesi oleh MAN Insan Cendekia Gorontalo. Sementara itu, untuk trofi Kementrian Pendidikan Dasar & Menengah dan Kebudayaan dimenangkan oleh SMA 3 Semarang, trofi Pemerintah Provinsi DIY diraih oleh SMA 1 Kebumen, dan trofi dari UGM diraih oleh SMA Muhamadiyah Wonosobo. Olgenas 2015 ditutup riuh tepuk tangan saat penyerahan hadiah dan piala bagi juara.

Sumber : www.pendidikan-diy.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *